BAGAIMANA CARA HAPUS VIRUS DI ANDROID DENGAN BENAR

Header Ads

BAGAIMANA CARA HAPUS VIRUS DI ANDROID DENGAN BENAR

Banyak di instagram saya yang bertanya,
Mas Warung Tegno kan sering buat tutorial, lalu kenapa saya cari artikel yang ada pada warung tegno

Hapus virus Android


Kenapa tidak ada tentang virus.
Ya sebenarnya bukan tidak ada sih, tapi belum ada !
heheheeee. belum kepikiran untuk buat artikel bagaimana cara menghapus virus.
Artikel atau tutorial ini sengaja saya buat untuk mengatasi bagaimana cara mengahapus virus di android, karena tidak bisa disatukan dengan tutorial cara menghapus virus di Windows, soalnya nati akan jadi satu skripsi.

Baiklah langsung ke ide pokok pembicaraan.
 Saat ini Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone.
Hal ini membuat beberapa orang iseng menjadikan sistem operasi ini menjadi sasaran untuk menyisipkan program – program jahat seperti virus, trojan, dan sebagainya.

emangnya ada mas trojan di android, hehe ....
siapa yang bilang tidak ada.
Semua kode virus bisa direkayasa loh, dari C++ sampai Java Script akan selalu bisa.

Ngasal ngomong ni mas !

Pastikan aja dari orang mbah google kalau tidak percaya.
Oke lanjutkan brooo

Hal ini bisa menjadi masalah yang sangat serius mengingat handphone dengan sistem operasi android sebagian besar terkoneksi dengan internet. Ancaman yang muncul akibat viruspun ini tidak main – main. Mulai dari membuat handphone menjadi lambat, aplikasi handphone tidak bekerja secara maksimal, bahkan sampai dengan Pencurian data – data pribadi.

Buset dah.. jadi jangan koneksikan android kamu ke internet ya...
haaahahahaha

Jadi bagi sobat yang sering kali menggunakan handphone untuk transaksi online, atau menggunakan handphone untuk menyimpan data yang sifatnya sangat, sangat dan sangat pribadi.
Saya sarankan pastikan handphone sobat terbebas dari virus atau program – program jahat lainnya.

Nah, tentang bagaimana cara membersihkan virus pada android silahkan simak beberapa tips berikut ini.

Instal AntiVirus

Kasus ini dilakukan pada saat handphone android yang sudah terkena virus dari sumber terpercaya, yaitu google playstore, namun tingkat kerusakannya belum begitu parah. Setelah melakukan instalasi AntiVirus, sobat bisa lanjutkan dengan melakukan scanning.
Proses scanning ini merupakan langkah pertama. Setelah melakukan scanning biasanya akan muncul pemberitahuan aplikasi mana dan file apa saja yang bermasalah (terinfeksi).

Tunggu sampai proses scanning ini selesai. Setelah itu silahkan lakukan pembersihan virus terlebih dahulu (hapus file yang terkena virus).

Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

Setelah proses pembersihan selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan penghapusan aplikasi atau yang biasa di sebut dengan Uninstall. Mengenai aplikasi apa saja yang perlu di hapus, sobat bisa melihatnya pada list aplikasi yang terkena infeksi pada saat proses scanning selesai. Hapus aplikasi yang terinfeksi maupun aplikasi yang mencurigakan.

Untuk melakukan penghapusan aplikasi (uninstall), silahkan masuk ke Pengaturan –> Aplikasi –> Atur Aplikasi –> Pilih Aplikasi yang akan di Uninstall, selanjutnya pilih Hapus Instalan. Setelah melakukan proses uninstall aplikasi yang bermasalah. seharusnya android sobat sudah kembali dalam keadaan normal.

Kalau memang masih ada tanda – tanda handphone android sobat bermasalah (masih terasa lelet ataupun aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya), kemungkinan handphone sobat terinfeksi virus yang cukup parah. Untuk kasus seperti ini, solusinya adalah melakukan master reset (melakukan pengaturan awal).

Melakukan Pengaturan Awal (Master Reset)

Proses ini akan menghapus semua aplikasi dan datapada ponsel, jadi berhati – hatilah 🙂 Pastikan sobat telah melakukan backup data – data yang dirasa penting seperti foto, musik dan nomor telfon. Sekali lagi, lakukan backup terlebih dahulu!

Untuk melakukan master reset sobat bisa melakukannya dengan cara masuk ke Pengaturan –> Privasi –> Reset Data Pabrik. Setelah itu akan muncul peringatan Hapus semua data pada penyimpanan USB. Jika sobat tidak ingin data sobat pada memorycard terhapus pastikan Jangan Mencentang “Format Penyimpanan USB“. Ingat, Jangan di centang! Selanjutnya pilih Reset Data Telfon.

Lakukan Pencegahan

Sebenarnya langkah ini merupakan langkah pertama, tapi sengaja saya letakkan pada poin terakhir karena artikelnya berjudul cara membersihkan virus pada android. Artinya handphone android sudah dalam keadaan terkena virus. Tapi tetap saja langkah pencegahan ini juga penting. Karena jangan sampai handphone yang sudah sobat bersihkan kembali terkena virus lagi.

Proses masuknya virus atau program jahat kedalam handphone, biasanya dimulai pada saat kita melakukan transfer data antar handphone maupun download data dari internet. Biasanya virus tersebut berbentuk trojan (aplikasi / program jahat yang menyusup kedalam aplikasi lain). Setelah aplikasi tersebut dijalankan, program jahat akan memisahkan diri dan mulai menjalankan fungsi utamanya (menginfeksi sistem).

Untuk melakukan pencegahan, sobat bisa lakukan dengan cara melakukan instalasi antivirus sebelum menginstall aplikasi lain. Antivirus ini nantinya akan menjadi firewall pada saat sobat melakukan instalasi.

Langkah pencegahan selanjutnya  adalah, pastikan aplikasi yang di download merupakan aplikasi resmi yang berada pada playstore. Aplikasi resmi yang bersumber dari playstore resikonya lebih kecil dibandingkan dengan pada saat kita mendownload aplikasi secara langsung, contoh : langsung dari website atau langsung melakukan pencarian aplikasi di google.

Keyword Search Google :

hapus virus
download antivirus android
aplikasi anti virus
download aplikasi anti virus
pembersih virus
aplikasi antivirus android

No comments:

Powered by Blogger.